Dari : Situs Alfi

Senin, 28 Januari 2013

Yamaha X1, Keren, Sayangnya Dulu Gak Masuk Sini

 

Inget-inget jaman sekolah dulu sekitar tahun 2004-2005, saya jadi inget salah satu produk Yamaha Thailand yang juga masih sodara sama Jupiter-Z di Indonesia, yaitu Yamaha X1. Dulu saya sering lihat Yamaha X1 nongol di majalah otomotif roda 2, terutama Motorplus dan sempat diisukan bakal hadir disini.

Namun isu tersebut terbantahkan semua, karena ternyata YMKI kurang berani berjudi untuk menjadi first mover motor bebek dengan lampu di dada dan memilih untuk tetap mengandalkan sodaranya, Jupiter Z sebagai penggebrak penjualan disini hingga Kemudian didahului Suzuki dengan mendatangkan Suzuki Katana 125 alias Arashi 125 dengan headlamp di dada. Memang langkah YMKI tepat, karena penjualan Jupiter-Z begitu moncer dan jadi idola baru bebek 4-tak sementara Suzuki Arashi jadi produk gagal yang kurang diminati di Indonesia.
Yamaha X1 memiliki basis mesin yang sama persis dengan Jupiter-Z disini dengan kubikasi mesin 110cc, serta bore x stroke = 51.0 x 54.0 mm dipadu dengan sistem transmisi rotari 1-2-3-4. Namun tidak seperti Jupiter Z yang cuma punya 1 varian, Yamaha X1 punya 2 varian, yaitu Yamaha XI kopling otomatis dan Yamaha X1 Super dengan kopling manual serta velg racing enkei. Dulu banyak bertebaran penjual part bak kopling Yamaha X1 untuk diaplikasikan ke Jupiter-Z yang pengen menanamkan kopling manual di Jupiter-Z-nya. Biasanya sih Jupiter-Z yang dipake balapan mengaplikasikan bak kopling X1 daripada repot-repot modifikasi bak kopling dari bawaan Jupiter-Z.

Untuk tampilan, ini dia yang bikin beda… Meski punya basis rangka yang sama dengan Jupiter-Z, tampang Yamaha X1 lebih sporty dari Jupiter-Z. Untuk bagian tengah ke belakang bisa dibilang 11-12 denga Jupiter-Z, namun di bagian depan, headlamp X1 diletakkan di dada alias tebeng. Desain headlamp yang dipisah jadi dua buah (konon katanya terinspirasi sama headlamp superbike-nya Yamaha, Yamaha YZF-R1) menampakkan kesan sporty dan sangar pada Yamaha X1. Sayap depan ramping kemudian menyatu di bawah membentuk sebuah shroud angin untuk membantu pendinginan mesin. Spatbor depan dibikin layaknya motor sport, simpel dan mepet dengan ban depan.

Dengan desain yang out of the box untuk sebuah motor bebek, YMKI jadi enggan masukin X1 kesini karena pasar Indonesia memang sepertinya kurang menerima desain-desain nyeleneh. Meski diakui langkah YMKI memang tepat (terbukti Arashi dan Blade kurang laris) namun tetap saja cukup disayangkan bebek cakep ini gak masuk sini. Mungkin ada juga beberapa orang yang pemikirannya seperti saya dan suka dengan desain X1, terbukti ada yang pesen bodi Yamaha X1 untuk dipasangkan di Jupiter-Z-nya, bahkan ada yang dibela-belain beli Yamaha X1 via IU seharga 23juta hanya untuk sebuah Yamaha X1!

versi modif thai style-nya yang sering nongol di tabloid
Spesifikasi Yamaha X1
Engine
Type: 4stroke, Single Piston SOHC, Air Cooled
Displacement: 110cm3
Bore x Stroke: 51.0 x 54.0mm
Oil Capacity: 1.0 Lt
Drivetrain
Clutch: Hand Clutch, Sport 4 Speed
Auto Clutch, Rotary 4 Speed
Type: JB-110 D, Hand Clutch
JBA-110D, Auto Clutch
JBA-110ED, Auto Cluth
Chassis
Dimensions (LxWxH): 1,910 x 690 x 1,025mm
Seat Height: 760mm
Ground Clearance: 130mm
Wheel Base: 1,230mm
Dry Weight: 96Kg
Fuel
Fuel Capacity: 4.5Lt
Carburetor: Mikuni/VM 17
Electric System
Ignition: DC – CDI
Starter: JB-110D – Kick
JBA-110D – Kick
JBA-110ED – Electric
Suspension
Front: Telescopic
Rear: Swing Arms, Dual Shock Absorbers
Brake System
Front: Disc Brake Dual Piston Caliper
Rear: Drum
Tyres
Size Front: 2.25-17 33L
Size Rear: 2.50-17 38L
Semoga bermanfaat
Salam coolrider fixer

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar